Jumat, 19 September 2014

Apa masalah update iOS 8 di iPhone 4S, bersiaplah hadapi masalah ini

Generasi iPhone paling 'uzur' yang menerima update iOS 8 kali ini adalah iPhone 4S. Tak pelak, pengguna iPhone 4S cukup gembira karena Apple belum akan memensiunkan smartphone tersebut. Tetapi berdasarkan percobaan update yang dilakukan oleh beberapa pihak, terlihat bila iOS 8 tidak berjodoh dengan iPhone 4S.
Meski iPhone 4S tetap menerima berbagai macam keuntungan dari aplikasi-aplikasi baru yang turut hadir bersama iOS 8, namun beberapa fitur dilaporkan tidak muncul di iOS 8. Fitur-fitur yang hilang tersebut antara lain AirDrop dan Touch ID. Hal tersebut terjadi akibat ketiadaan hardware pendukung di iPhone 4S.
Tambahan fitur yang terdapat di iOS 8 pun bisa menimbulkan masalah tersendiri bagi iPhone 6. Dalam jajaran smartphone Apple yang menerima update iOS 8, iPhone 4S adalah perangkat yang memiliki layar paling kecil, yakni 3,5 inci. Padahal, semakin banyak informasi dan fitur yang akan ditampilkan, misalnya widget notifikasi baru. Alhasil, iOS 8 justru membuat tampilan iPhone 4S terlihat sesak.
Dikutip dari Arstechnica (17/09), performa iOS 8 di iPhone 4S bahkan kalah dibanding iOS 7. Membuka aplikasi di iOS 8 diklaim menghabiskan waktu 50 persen lebih banyak ketimbang membuka aplikasi di iOS 7. Sebagai contoh, membuka Safari di iOS 7 1.2 menghabiskan waktu sekitar 1,25 detik, sementara di iOS 8 menghabiskan waktu 2,16 detik.
Kualitas hardware dari smartphone yang sudah berusia 3 tahun tersebut juga turut menambah daftar masalah saat memakai iOS 8. Prosesor Apple A5 yang terbenam di dalam iPhone 4S dianggap kurang bisa mengimbangi peningkatan grafis yang dibawa oleh iOS 8. Sehingga, tidak jarang animasi yang ada terlihat bergoyang. Hal ini juga dilaporkan terjadi di perangkat iPad Mini I yang sama seperti iPhone 4S, tidak mempunyai layar Retina Display.
Terlepas dari itu semua, para pengamat tetap menyarankan pengguna iPhone 4S melakukan update ke iOS 8. Mengingat Apple berpeluang besar meningkatkan performa iOS 8 di smartphone tersebut. Apalagi dengan mengganti iOS 7 ke iOS 8 dapat meningkatkan harga jual dari iPhone 4S.

1 komentar: